27 Maret 2008

Donor Darah

Tadi pagi akhirnya saya bisa donor darah, setelah kemarin gagal karena datang sudah agak siang dan tempat donor darahnya dipenuhi orang2 dari kantor sebelah (Dephan). Saya merasa beruntung dan senang karena bisa membantu saudara2 saya yang membutuhkan darah.
Oia, saya jadi ingat. Ada kejadian yang aneh waktu terakhir kali saya donor darah Agustus tahun lalu. Jadi begini. Sebelum donor kan diperiksa dulu darahnya. Beberapa tetes darah ditaruh di atas wadah. Sebagian dikasih anti-A dan sebagian lagi dikasih anti-B. Setelah melihat reaksi darah saya, dia langsung melingkari huruf AB. Eits.... bentar. "Bu, bukannya itu nggak nggumpal dua-duanya? Berarti saya O dong...!!!" kata saya sedikit ketus. Ibu itu berpikir sebentar, lalu mengiyakan. Phew... Kejadian fatal hampir saja terjadi. Alhamdulillah, ilmu Biologi yang saya pelajari waktu SMA dulu masih ada yang lengket. Dulu kan dikasih tahu, kalau darah dikasih anti-A dan terjadi aglutinasi (penggumpalan) berarti dia A, demikian juga dengan anti-B. Nah, kalau saya tidak menggumpal dua-duanya, berarti O dong, bukannya AB. Kebayang kan kalau darah O saya dikasih ke golongan AB (yang tentu saja hanya bisa menerima AB), yang terjadi malah terjadi penggumpalan darah di seluruh tubuh recipient, yang berujung pada tidak mengalirnya darah ke seluruh tubuh dan meninggal dunia. Hiiihhh.....
Makanya, sekecil apapun ilmu yang pernah kita dapat, dengar, dan pelajari, jangan diremehkan. Karena suatu saat pasti bermanfaat. Seperti kejadian yang sering saya alami ketika kuliah. Waktu itu saya sering pulang kuliah dengan bis DAMRI Jatinangor-Dipati Ukur. Sebagai contoh, kalau saya pulang dari Jatinangor ke Dipati Ukur, perjalanan yang ditempuh selama 1,5 jam akan dihabiskan ke arah Barat. Karena sekarang bulan Maret, dan posisi Bandung sekitar 6 derajat Lintang Selatan, berarti matahari ada di sekitar 84 derajat dari horison, yang artinya kalau bis bergerak ke arah Barat, sepanjang siang sisi kanan bis akan terkena panas matahari. Itulah mengapa setiap bulan Februari-Oktober saya selalu di sisi kiri bis. Simpel kan? Itulah gunanya ilmu pengetahuan ^_^

1 komentar:

  1. hai oki jelly!!
    akirnya aku mampir kesini hekekekek :D

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Sedikit pendiam, perfeksionis, dan ingin menebar kebaikan buat orang sekitar