26 Maret 2008

English

Kemarin hari pertama saya mengikuti kursus Bahasa Inggris di EF Menteng dekat Sarinah. Menyenangkan juga ya ternyata. Saya bisa berkomunikasi secara utuh dalam Bahasa Inggris (mm... nggak juga sih, kadang2 Indonesia keluar juga :P). Saya selama ini mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak. Berbagai metode dan cara saya tempuh untuk memperlancar Bahasa Inggris saya. Mulai dari mendengarkan musik, menonton film dan acara TV berbahasa Inggris tanpa teks, sampai berlatih bercakap dalam bahasa Inggris dengan beberapa teman saya. Bahkan saya pernah membaca kamus untuk menambah kosakata dan melihat pengucapan yang tepat untuk suatu kata. Hasilnya tidak mengecewakan. Walaupun terkadang masih menemui kesulitan dalam menyusun kalimat atau menemukan kata yang tepat dalam mengekspresikan sesuatu, tapi pengucapan, struktur kalimat, dan logat sudah dapat saya kuasai. Yang perlu diperlancar adalah, speaking. Itulah kenapa saya mencoba mengambil kursus di EF Conversation Class.
Terkadang beberapa teman, kolega, saudara, dan lainnya sering bertanya saya pernah kursus di mana. Terus terang saya belum pernah kursus. Karena selain keterbatasan biaya, saya memang agak skeptis dengan lembaga kursus. Saya berpikir kalau ikut kursus belum tentu meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Harusnya kita terjun langsung ke negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka, atau minimal belajar dengan intens melalui metode2 yang tadi saya sebutkan. Kalau mau terjun langsung ke negara tertentu melalui kuliah bisa saja sih, tapi kesempatannya masih lama. Kebetulan, teman2 kantor saya ada yang mau sekolah di luar negeri dan mengajak saya untuk mengikuti kursus. Ya sudah, saya ikut deh. Hitung2 menambah pengalaman dan pengetahuan dalam berbahasa Inggris. Minimal melatih keberanian saya untuk melakukan percakapan dengan orang lain, sembari meningkatkan soft skill saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Sedikit pendiam, perfeksionis, dan ingin menebar kebaikan buat orang sekitar