03 Maret 2008

Ayat-ayat Cinta

Ya,,,, ayat-ayat cinta.
Itu yang terlintas dalam pikiran saya mengenai tema yang ingin saya angkat kali ini. Saya sangat terkesan dengan film Ayat-ayat Cinta ini, bahkan saya berani mengatakan inilah film terbaik yang pernah saya lihat. Jangan lihat film ini hanya dari sisi romantisme, alur cerita, pemeran, atau lokasi syutingnya yang eksotis. Tapi lihatlah makna yang diusungnya. Benar2 menohok, mengena dan menyentuh dengan sangat dalam.

Bagaimana tidak. Film ini mengajarkan apa arti Islam sesungguhnya-yakni kesederhanaan, kesabaran, dan keikhlasan-, bagaimana mengarungi rumah tangga yang sakinah melalui pernikahan yang suci dan sakral antara dua manusia dengan niat hanya karena Alloh SWT melalui ta'aruf, bagaimana pengorbanan seorang istri yang rela berbagi cinta demi keselamatan sang suami (bukan sembarang poligami yang sering dilakukan orang dengan niat yang tidak semestinya), sampai pengajaran mengenai bagaimana kejamnya fitnah.

Pastinya film memiliki dampak yang berbeda-beda bagi setiap orang, tapi yang jelas, film ini benar2 telah menyadarkan saya akan banyak hal. Itu yang membuat saya tidak kuasa menahan tangis ketika menonton film ini. Betapa saya ini lemah di hadapan Alloh, betapa bergelimangnya dosa yang saya pikul tanpa peduli sudah sejauh apa saya berbuat baik pada diri sendiri, keluarga, agama, dan orang lain. Saya pun menjadi semakin ikhlas dan menerima apa adanya atas apa yang saya alami. Di saat yang bersamaan, saya menyadari betapa sulitnya mencari pasangan hidup yang tulus ikhlas menerima saya -terlebih karena banyaknya kekurangan-, tanpa dipengaruhi hasrat dunia mengenai materi. Ya Alloh, hamba sungguh ikhlas atas apa yang telah terjadi pada diri hamba. Hamba Insya Alloh akan tetap istiqomah di jalanMu, dan pasrah atas ketentuan yang Engkau tetapkan. Yang ingin hamba lakukan hanya berbuat baik sebanyak2nya selagi hamba di dunia, menjadikan diri hamba tidak pernah sia-sia hadir di sini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Sedikit pendiam, perfeksionis, dan ingin menebar kebaikan buat orang sekitar