31 Januari 2008

Perjalanan liburan Idul Adha yang menegangkan dan melelahkan

Lama nggak nge-blog. Kangen juga jadinya. Mau cerita apa ya?

Mulai dari Lebaran Haji kali ya. Waktu pentas nari di Bali November lalu kan sempet hampir telat ngejar pesawat tuh. Nah, pas mau ke Papua untuk merayakan Idul Adha, kejadian serupa terulang lagi. Gara2nya, hujan deras dari siang tgl 19/12 itu, sampai2 jalanan macet nggak karuan. Dari kantor ajm 17.30, sampai Plasa Semanggi jam 19.10. Belanja sebentar, beli mangga titipan kakak ipar, langsung meluncur ke kosan. Walaupun lama banget nunggu taksinya gara2 hujan, tapi akhirnya sekitar jam 20.20 berangkat dari kosan. Sedangkan perjalanan butuh waktu 1 jam 15 menit. Padahal kalau jam normal tanpa hujan dan macet, bisa aja sekitar 40 menit sampai bandara. Alhasil, saya sampai di bandara 21.40, padahal menurut jadwal, pesaawat take-off jam 21.50. Tapi mungkin karena cuaca lagi nggak baik, sejumlah penerbangan ditunda. Akhirnya sih berangkat sekitar jam 22.30 sih. Tapi alhamdulillah jadi nggak ketinggalan pesawat.
Sampai Makassar sekitar jam 03.00 dinihari, ternyata akan ada pengerjaan landasan. Akhirnya pesawat didelay sampai jam 07.00. Kami, para penumpang, diinapkan di hotel. Setelah dijemput dan diantar kembali ke bandara, ternyata, cuaca masih belum bersahabat. Alhasil, para penumpang menunggu sampai jam 09.10-an untuk boarding. Perjalanan diwarnai dengan guncangan keras yang membuat panik penumpang dan berdoa komat kamit sesuai dengan agama dan kepercayaan. Sampai Sorong sekitar jam 12.00 waktu setempat. Saya sempat transit cukup lama di bandara Domine Eduard Osok, karena lagi-lagi alasan cuaca. Setelah cerah, perjalaan dilanjutkan. Akhirnya tiba di Manokwari sekitar jam 14.10 WIT. Melelahkan. Lebih dari 24 jam saya bertualang dari Jakarta ke Manokwari.

Selama di sana, tidak banyak yang saya lakukan selain nonton, makan, tidur, bercengkerama dan bersenda gurau dengan keluarga, serta jalan2 di sekitar kota. Tidak ada yang istimewa, kecuali masakan ibu dan pantai di sana yang bersih... :)

Setelah 1 minggu, saya kembali ke Jakarta untuk menjalankan rutinitas yang harus saya lalui keesokan harinya, yaitu bekerja, meskipun hanya 2 hari, karena menghadapi libur tahun baru.