21 November 2009

Long Trip to London (4)

Hari kelima kursus, akhirnya selesai juga. Nggak kerasa. Sedih juga. Baru mulai akrab ngobrol sama temen2 bank sentral lain, eh udah pisah aja. Tadi saya nggak ikut sampai selesai karena harus Jumatan. Saya pergi ke East London Mosque di Whitechapel, London Timur. Ternyata di situ komunitas orang2 Bangladesh. Meskipun adzan jam 11.46 tapi sholat Jum'atnya sendiri jam 1.05. Jadi sekitar 50 menit setelah adzan, khutbah baru dimulai. Khutbah pertama pake bahasa Arab, Bengal, baru deh pake Inggris. Awalnya ngerasa asing juga sholat di sana. Ada beberapa kebiasaan yang nggak pernah saya liat di Indonesia. Mulai dari adzan yang sampai 3 kali, khutbah 3 bahasa, bahkan Qur'an dengan gaya tulisan yang nggak biasa. Tapi itulah seninya sholat di negara lain.

Setelah sholat, saya ke halal fastfood restaurant deket masjid. Dari sana, saya meluncur ke Covent Garden untuk cari barang titipan Bunga. Walaupun deket, tapi saya harus ganti 3 kali Tube. Dari Hammersmith, Northern, nyambung ke Piccadilly line. Begitu sampe, mmm... OK, agak2 bingung ternyata. Instruksi Bunga, keluar dari stasiun belok kanan. Tapi saya belok kanan malah ada Covent Garden Market dengan ratusan toko berjejer di sana. Keren juga tempatnya. Anyway, setelah muter2 nggak jelas kebingungan, pas banget saya nemu denah Covent Garden. Liat index, taddaaa.. ketemu deh. Saya langsung ke sana. Tanpa basa basi langsung gesek, cabut deh. Bingung mau ke mana, saya cuma liat2 sekitar sambil fotoin beberapa bangunan. Sambil jalan nyari Tube terdekat untuk pulang karena ngerasa udah nggak ada tujuan lagi, eh tiba2 di sudut mata ngeliat kapal ferry. Ternyata Thames River. Huaa.. Tanpa basa basi saya langsung meluncur ke arah sungai, nyebrang jembatan, keliatanlah semua. Mulai dari London Eye, Big Ben, Gedung Parlemen, Westminster Abbey, dsb. Akhirnya saya putusin untuk jalan kaki ke sana. Sambil jalan, saya foto beberapa spot menarik. Dalam waktu kurang dari satu jam, saya udah sampe di semua tempat yang saya liat dari jembatan di kejauhan tadi. Dengan cueknya saya foto diri sendiri karena ngerasa nggak enak kalo minta tolong foto terus hehehe.. Saya berkeliaran di daerah Big Ben tanpa peta. Jadi saya gambling aja untuk nemu underground terdekat untuk pulang. Sambil jalan, saya lewat Downing Street dan ketemu Trafalgar Square. Sayang udah malem, jadi saya nggak foto2 di sana.

Kaki rasanya capek banget. Di saat yang sama, saya baru inget bag hanger pesenan temen. Karena udah gelap (meskipun masih jam 5-an) dan capek, saya akhirnya putusin untuk pulang. Besok lanjut jalan lagi aja. Entah ke mana. Wales, Greenwich, atau ke Scotland sekalian. Gimana cuaca, mood, uang, dan hasil survei nanti malem ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Sedikit pendiam, perfeksionis, dan ingin menebar kebaikan buat orang sekitar